Tips

Panduan Treadmill Untuk Pemula

Panduan Treadmill Untuk Pemula

Berolahraga dengan menggunakan treadmill memang terlihat mudah. Anda hanya tinggal menyalakan mesin treadmill, dan yang Anda harus lakukan adalah berlari diatas alas treadmill yang berputar. Namun, berolahraga menggunakn mesin treadmill kadang menjadi kurang maksimal, terutama buat Anda yang masih pemula.

Aktifitas berlari terutama dengan menggunakan mesin treadmill, membutuhkan beberapa persiapan agar olahraga yang Anda jalankan bisa maksimal. Oleh karena itu, berikut kami bahas beberapa tips untuk pemula sebelum Anda melakukan olahraga dengan menggunakan mesin treadmill:

1. Gunakan Sepatu Lari

Yup, sepatu merupakan faktor yang sangat penting jika Anda ingin melakukan kegiatan berlari. Menggunakan alas kaki yang kurang nyaman dapat menyebabkan kaki Anda menjadi mudah sakit dan bengkak. Oleh karena itu, gunakanlah sepatu yang dirancang khusus untuk berlari.

Dan pastikan juga ukuran sepatu yang akan Anda kenakan tidak terlalu sempit dengan kaki Anda. Penggunaan sepatu yang terlalu sempit, selain membuat Anda kurang nyaman, juga dapat berdampak negatif terhadap kesehatan kaki Anda. Oleh karena itu pilihlah ukuran sepatu yang menurut Anda pas dan nyaman digunakan.

2. Minum Air Sebelum Berlari

Tips lainnya sebelum Anda melakukan olahraga lari dengan treadmill adalah minum air putih. Tujuannya tentu saja agar membuat Anda tidak mudah dihidrasi pada saat berolahraga. Minumlah setidaknya 500ml air putih 1 jam sebelum berolahraga.

Meminum air putih sebelum berolahraga juga berfungsi untuk memperbanyak keringat yang keluar dari tubuh Anda pada saat berolahraga. Jangan lupa untuk membawa sebotol air putih pada saat Anda berolahraga.

3. Gunakan Kaos Kaki

Mungkin terdengar sepele, tapi menggunakan kaos kaki dapat membantu Anda dalam berolahraga mengguanakan treadmill. Gunakanlah kaos kaki yang sampai menutup mata kaki Anda. Tujuan menggunakan kaos kaki adalah untuk mengindari lecet di kaki pada saat berlari.

4. Jangan Lupa Pemanasan

Sebelum berolahraga apapun, terutama cardio, ada baiknya untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Lakukanlah pemanasan sebelum berolahraga paling tidak selama 5 menit. Hal ini bertujuan agar tubuh Anda tidak “kaget” pada saat sedang berolahraga.

5. Ayunkan Tangan

Pada saat berolahraga menggunakan treadmill, beberapa diantara kita memilih untuk menaruh tangan di gagang treadmill untuk menjaga keseimbangan. Sebenarnya tidak masalah untuk melakukan hal ini, namun ada baiknya untuk mencoba mengayunkan tangan Anda pada saat menggunakan treadmill. Ayunkan tangan Anda seperti berlari normal. Hal ini bertujuan untuk membuang kalori lebih banyak lagi ketimbang meletakkan tangan di gagang treadmil.

6. Perhatikan Kecepatan Treadmill

Salah satu keuntungan berolahraga dengan menggunakan mesin treadmill adalah Anda dapat mengatur kecepatan berlari sesuka hati Anda. Namun buat Anda yang masih pemula, jangan langsung menaikkan kecepatan treadmill secara drastis. Pada 5 menit pertama, Anda bisa men-set mesin treadmill ke kecepatan rendah seperti berjalan biasa, 5 menit kemudian naikkan sedikit kecepatan treadmill Anda seperti berlari ringan.

Kemudian jika Anda merasa sudah siap, naikkan lagi kecepatan treadmill sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan terlalu memaksa menaikkan kecepatan treadmill jika Anda merasa belum siap, karena dapat menyebabkan Anda terlalu cepat lelah dan yang lebih parah adalah tergelincir dari mesin treadmill.

Itu tadi adalah beberapa tips pemula untuk Anda yang ingin berolahraga dengan menggunakan mesin treadmill. Beberapa tips diatas juga berlaku untuk Anda yang ingin berolahraga tanpa mesin treadmill.

Jika Anda ingin membeli alat fitness treadmill, berikut pilihan produk yang dapat dijadikan pertimbangan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *